Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Membuat Website Menggunakan XAMPP

Wordpress adalah sumber terbuka yang sangat populer yang biasa di gunakan mesin blog. Wordpress sendiri di bangun dengan basis data MySQL dan bahasa pemrograman. Keduanya adalah perangkat lunak sumber terbuka. Tidak hanya di gunakan sebagai blog, wordpress juga di gunakan sebagai Content Management System (CMS) karena mampu di modifikasi dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
Wordpress memiliki dua alamat yang berbeda, antara lain wordpress.org dan wordpress.com. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda, perbedaan singkat mengenai dua alamat wordpress tersebut antara lain : wordpress.com adalah alamat yang biasa di gunakan untuk membuat blog sendiri dengan cepat dan mempunyai alamat website. Sedangkan wordpress.org adalah alamat yang biasa di gunakan untuk memodifikasi wordpress sesuai keinginan penggunanya atau membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Membuat website menggunakan wordpress tentu harus memiliki domain dan hosting. Akan tetapi masih ada cara alternatif lain dengan cara menginstal aplikasi server localhost di PC maupun Laptop. Salah satu aplikasi server localhost yang paling banyak di gunakan dan cukup familiar di kalangan web developer saat ini adalah XAMPP. Karena di aplikasi XAMPP ini sudah lengkap membuat aplikasi dari XAMPP banyak di gunakan. Berikut adalah panduan untuk menginstall XAMPP.

Cara meng-install XAMPP di Windows

Untuk meng-install XAMPP pastikan ruang yang tersedia pada perangkat yang di gunakan mampu untuk menyimpan file dari XAMPP.

Download File XAMPP

Langkah pertama adalah mendownload file XAMPP dengan versi terbaru dari file XAMPP tersebut. Untuk mendapatkan file terbaru dari file XAMPP bisa kunjungi situs https://www.apachefriends.org/download.html setelah itu pilih versi XAMPP terbaru dari situs tersebut. Kemudian klik download.

Membuka Installer File XAMPP

Langkah kedua adalah membuka file XAMPP yang baru saja di download tadi dengan cara double click pada file XAMPP. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai muncul jendela installer file XAMPP.

Memilih Bahasa

Selanjutnya adalah memilih bahasa yang akan di gunakan pada installer file XAMPP. Pilihan bahasa yang tersedia dalam installer file XAMPP berupa bahasa inggris dan jerman. Oleh karena itu di sarankan untuk memilih bahasa inggris untuk installer file XAMPPnya.

Terjadinya Error atau Kesalahan

Setelah kalian memilih bahasa pada langkah sebelumnya, biasanya terjadi error atau kesalahan saat penginstallan file XAMPP. Akan tetapi kesalahan atau error yang terjadi bisa di hilangkan dengan cara mengklik ok pada jendela installer file XAMPP.

Menutup Aplikasi yang Berjalan

Setelah mengklik ok pada jendela installer file XAMPP berikutnya akan muncul jendela yang meminta Anda untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah di tutup, selanjutnya klik next pada jendela installer file XAMPP.

Memilih Aplikasi yang Akan di Install

Setelah mengklik next pada jendela installer sebelumnya, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang akan di install pada PC ataupun Laptop. Pada bagian ini tersedia empat pilihan aplikasi yang bisa di install. Di sarankan untuk mencentang semua aplikasi yang sudah di sediakan, kemudian klik tombol next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Pilih Tempat untuk Menaruh File XAMPP

Setelah memilih aplikasi yang akan di install, lalu langkah selanjutnya adalah menaruh file XAMPP di folder PC atau Laptop yang kalian inginkan maupun secara default. Jika file XAMPP di taruh dalam folder default, maka otomatis file akan di tempatkan pada folder computer dengan nama file c:\xampp. Akan tetapi jika file di taruh sesuai keinginan penggunanya tombol browse dan tentukan pilihan folder yang ingin di tempatkan file XAMPP. Selanjutnya klik ok atau yes.

Proses Instalasi

Untuk sentuhan akhir adalah menunggu proses instalasi file XAMPP setelah mengklik tombol ok atau yes pada saat menentukan tempat file XAMPP yang akan di install. Setelah proses instalasi selesai klik tombol finish pada jendela file XAMPP. Kemudian akan muncul jendela dialog yang menandakan file XAMPP sudah terinstall pada PC atau Laptop. Jika ingin membuka aplikasi XAMPP tekan tombol OK/YES pada jendela XAMPP. Akan tetapi jika ingin membuka aplikasi XAMPP lain waktu bisa tekan tombol NO/TIDAK.

Menjalankan Aplikasi XAMPP

Buka Aplikasi XAMPP

Langkah pertama tentu dengan cara membuka aplikasi XAMPP tersebut melalui Start Menu dan klik ikon XAMPP. Jika aplikasi XAMPP tidak di temukan pada Start Menu, kalian bisa cari pada folder tempat file XAMPP tersebut di letakkan.

Memilih Module Servis yang Ingin di Jalankan

Setelah membuka aplikasi XAMPP langkah selanjutnya adalah dengan mengklik start pada module service yang tertera di dalam aplikasi XAMPP. Module yang terteta pada aplikasi XAMPP antara lain Apache, MySQL, FileZilla, Mercury dan Tomcat. Setelah itu klik module yang ingin di jalankan dengan cara klik start pada menu action sampai tombol start menjadi tombol stop pada menu action tersebut.

Membuat Database dengan XAMPP

Sebelum membuat database menggunakan XAMPP sebelumnya harus di cek terlebih dahulu apakah sudah bisa menjalankan aplikasi XAMPP sehingga PC atau Laptop yang di gunakan sudah bisa di jadikan server. Untuk mengecek apakah XAMPP berjalan dengan baik silakan cek di https://localhost/xampp di browser dan pilih status, jika status sudah hijau itu menandakan bahwa XAMPP berjalan dengan baik.

Sebelum menginstall wordpress langkah yang harus di lakukan adalah membjjuat database dan user terlebih dahulu. Karena wordpress memerlukan database untuk menyimpan data yang akan di gunakan. Berikut adalah cara membuat database menggunakan XAMPP.j8

Membuka Localhost XAMPP

Langkah pertama yang harus di lakukan untuk membuat database adalah dengan cara mengunjungi situs mhttps://localhost/phpmyadmin di browser untuk masuk XAMPP.

Membuka Menu Database

Setelah masuk di situs yang tadi di sebutkan, lalu klik database pada menu database. Selanjutnya masukkan nama database sesuai keinginan Anda, kemudian klik tombol create. Dan harus di ingat juga untuk pembuatan nama database itu sangat di perlukan nantinya. Oleh karena itu di sarankan untuk menulis nama database pada notepad supaya tidak lupa.

Menambah User atau Akun

Nah, setelah membuat database langkah selanjutnya adalah membuat akun untuk database yang baru saja di buat tadi. Untuk pembuatan akun silahkan masuk ke database yang baru saja di buat tadi di sebelah kiri pada bagian menu phpmyadmin. Setelah masuk ke database yang baru saja di buat klik tombol privilage atau pengguna, lalu klik tombol buat akun baru atau add new account. Setelah itu muncul form untuk membuat akun baru yang di dalamnya terdapat username, host dan password. Untuk kolom tersebut bisa kalian isi sesuai keinginan kalian. Langkah terakhir adalah mencentang semua opsi yang ada pada Global Privilages guna memberikan hak akses user untuk mengelola semua database.

Mengganti dan Mengupload Themes Wordpress

Setelah semua langkah di atas sudah selesai baru lah kalian menginstall wordpress pada PC atau Laptop kalian. Setelah menginstall wordpress, kemudian ekstrak file wordpress tersebut, lalu pindahkan file wordpress yang sudah di ekstrak tadi ke dalam folder xampp. Setelah itu masuk ke dalam wordpress.

Untuk mengubah tema dari wordpress ada dua cara, yaitu secara otomatis dan manual. Mengubah tema secara otomatis adalah memilih tema yang sudah di sediakan wordpress. Sedangkan manual bisa di download lewat browser dan melakukan upload file zip secara manual dengan memindahkan folder zip yang sudah di ekstrak ke dalam folder wordpress pada file wp_content/theme. Berikut adalah cara mengubah dan mengupload tema wordpress.

Login Wordpress

Langkah pertama adalah login ke dalam wordpress, untuk melakukan login wordpress, silakan buka nama domain/wp-admin melalui web browser. Kemudian masukan username dan password, lalu tekan enter.

Memilih Menu Appearance

Setelah melakukan login wordpress, secara otomatis akan di hubungkan ke dalam dashboard wordpress. Setelah masuk dashboard wordpress, silakan klik tombol theme pada menu appearance. Setelah mengklik theme, maka halaman theme akan terbuka.

Memilih Template/Tema Sesuai Keinginan Pengguna

Sebelum memilih tema, silakan klik add new pada halaman tema. Setelah mengklik add new pada halaman tema, maka akan muncul beberapa kategori tema yang ingin di pilih. Kategori tersebut meliputi Featured (tema yang memiliki variasi fitur), popular (tema yang paling banyak di gunakan), Latest (tema terbaru), Favorite ( tema favorite user itu sendiri) dan Feature Filter (memilih tema berdasarkan fitur, warna, layout, maupun subyek). Setelah itu klik install pada tema yang di inginkan.

Mengaktifkan Tema Wordpress

Setelah memilih tema yang di inginkan, wordpress akan mendownload tema tersebut dan melakukan proses instalasi tema pada blog yang kalian miliki. Jika download sudah selesai kalian bisa live preview untuk mencoba tema terlebih dahulu. Akan tetapi kalian juga bisa langsung mengaktifkan tema yang sudah kalian download tadi dengan cara mengklik tombol activated, lalu tunggu prosesnya selesai.

Mengupload Themes Wordpress

Selain template/themes bawaan dari wordpress, kalian bisa mengupload template/tema dari pihak ketiga untuk memperindah tampilan blog kalian. Pihak ketiga akan memberikan file berupa zip untuk itu berikut adalah cara mengupload dan mengubah tema secara manual.

Login Wordpress

Langkah awal tentu harus login terlebih dahulu ke dalam wordpress dengan cara memasukkan username dan password, kemudian tekan enter.

Memilih Menu Appearance

Nah, langkah kedua sama seperti tadi, yaitu memilih menu appearance, kemudian klik themes pada menu appearance. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga muncul halaman themes, kemudian klik add new pada halaman theme.

Mengupload Tema Wordpress

Nah, untuk langkah ketiga ini berbeda dengan sebelumnya, yaitu dengan cara mengupload tema wordpress. Untuk mengupload tema wordpress tentunya kalian harus mendownload file zip dari pihak ketiga. Kemudian masukkan file template yang berupa .zip yang kalian download tadi dengan cara klik upload theme pada bagian atas halaman tema. Setelah itu klik choose file, lalu pilih file .zip yang sudah di download tadi. Jika sudah silakan klik install now dan tunggu proses instalasi hingga selesai. Kemudian klik activated setelah proses instalasi selesai.

Menginstal Plugin Wordpress

Wordpress tanpa plugin tambahan hanya memiliki fungsi yang sederhana. Oleh karena itu plugin memungkinkan pengguna menggunakan beragam fitur, mulai dari modul e-commerce hingga admin area. Ada berbagai plugin yang bisa di pilih untuk kustomisasi wordpress, baik yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Oleh karena itu plugin tambahan sangat di perlukan untuk wordpress. Nah, berikut adalah cara menginstal plugin wordpress.

Login Wordpress

Langkah pertama tentunya adalah Anda harus login terlebih dahulu ke dalam wordpress dengan memasukkan username dan password. Lalu tekan enter. Setelah menekan enter kalian akan langsung di alihkan ke dashboard wordpress.

Memilih Menu Plugin

Setelah memasuki dashboard wordpress, kemudian pilih menu plugin. Kemudian klik add new pada menu plugin atau pada bagian atas pada halaman plugin.

Memilih Plugin yang di Inginkan

Setelah mengklik add new, kalian bisa memilih plugin dengan berbagai macam kategori. Kategori tersebut meliputi Featured, Popular, dan Reccomended yang terletak pada bagian atas halaman. Jika kalian sudah tahu plugin apa yang ingin kalian install, kalian bisa mencarinya di kolom pencarian plugin lalu tekan enter.

Menginstall Plugin

Setelah menemukan plugin yang di inginkan langkah selanjutnya adalah menginstal plugin tersebut dengan mengklik tombol instal pada plugin. Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses penginstallan selesai, lalu klik activated. Setelah mengklik activated nanti akan muncul pemberitahuan bahwa plugin telah aktif.

Membuat Postingan Pertama di WordPress

Posting adalah kegiatan menulis atau membuat artikel pada WordPress yang hasilnya nanti akan di publish atau di tampilkan sehingga postingan tersebut dapat di baca atau di lihat oleh semua orang yang mengakses website Anda. Untuk membuat postingan berikut adalah cara-caranya.

Login WordPress

Langkah awal tentu saja harus login wordpress terlebih dahulu dengan cara memasukkan username dan password, lalu tekan enter. Kemudian tunggu hingga di alihkan ke dashboard wordpress.

Memilih Menu Post

Ketika sudah berada dalam dashboard wordpress pilih Post, kemudian add new atau icon +New pada pojok atas lalu post.

Menulis Postingan atau Artikel WordPress

Setelah itu nanti akan muncul halaman di mana di dalamnya terdapat judul posting dan area untuk menulis artikel. Kemudian terdapat beberapa opsi untuk mempercantik tulisan layaknya seperti pada aplikasi Office.

Menambahkan File Pendukung

Untuk menambah konten dari postingan atau artikel yang akan dibuat agar terlihat lebih menarik lagi, kalian bisa pilih file berupa Video, Gambar, atau yang lainnya kalian bisa menggunakan opsi add media. Kemudian pilih select file, lalu pilih konten yang ingin di upload untuk di masukkan ke dalam postingan yang ingin di publish. Setelah itu kalian dapat menyesuaikan title, ukuran, dan sebagainya pada gambar yang sudah di uploadtadi. Dengan cara mengklik insert into post.

Mengelompokkan Postingan dalam Menu Kategori

Selain itu kalian bisa mengelompokkan tulisan yang sudah di buat ke dalam sebuah kategori. Dengan cara membuat kategori baru atau kategori yang sudah ada pada opsi sebelah kanan area posting. Jika kalian ingin membuat kategori baru, kalian bisa klik add new category. Kemudian tuliskan kategori yang kalian ingingkan, lalu centang pada kategori tersebut.

Mengubah Permalink atau URL

Setelah itu kalian bisa mengubah permalink atau URL pada postingan yang ingin kalian publish dengan cara memilih opsi di bawah kolom title atau judul. Kemudian pilih edit, setelah itu sesuaikan permalink atau URL seperti yang kalian inginkan.

Mempublish Postingan

Setelah semua selesai, postingan bisa langsung kalian publish. Dengan cara mengklik tombol publish. Tunggu beberapa saat sampai proses publish selesai. Lalu tekan OK/YES.

Posting Komentar untuk "Panduan Membuat Website Menggunakan XAMPP"

Berlangganan via Email