Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Perbedaan Cotton Combed dan Carded

Perbedaan combed dan carded yang harus Anda ketahui untuk memudahkan Anda dalam memilih bahan kaos sebelum memulai produksi dan bisnis kaos polos. Dalam menentukan bahan yang tepat untuk memproduksi kaos, produsen harus mengetahui perbedaan dari masing-masing bahan kaos. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan antara Cotton Combed dan Cotton Carded.

Penjelasan Lengkap Perbedaan Cotton Combed dan Carded


Penjelasan tentang Cotton Combed
Cotton Combed adalah jenis kain katun yang diubah menjadi kapas menggunakan cara combed (penyisiran). Untuk mendapatkan benang combed, kain katun diolah melalui proses penyisiran (combed) menggunakan mesin combing sebelum dipintal menjadi gulungan benang. Karena proses pembuatan benangnya disisir atau combed, maka hasil benang yang didapatkan menjadi lebih lembut. Dan kain yang didapatkan lebih halus, lebih rapi dan menyerap keringat.

Perbedaan Jenis-jenis Cotton Combed

Bahan Cotton Combed 20s
Bahan Cotton Combed 20s merupakan bahan kaos 100% katun dengan ketebalan 20s (single knit) dan gramasinya adalah 190-200gsm, 20s adalah tingkat ketebalan kain yang paling tebal dari bahan cotton combed yang lainnya. Cotton Combed 20s ini lebih banyak digunakan untuk membuat polo shirt karena ketebalan Cotton Combed 20s lebih tebal dibanding Cotton Combed yang lainnya.

Bahan Cotton Combed 24s
Bahan Cotton Combed 24s adalah bahan kaos yang biasanya dipakai untuk pengrajin kaos atau produsen kaos untuk memulai bisnis online shop maupun offline, karena bahan kain combed 24s lebih tipis dibandingkan 20s sehingga banyak produsen kaos ataupun pengrajin kaos yang menggunakan bahan ini untuk memulai bisnis mereka. Bahan Cotton Combed 24s merupakan bahan kaos 100% serat cotton dengan ketebalan yang sedang atau 24s (single knit) dan gramasi nya adalah 175-185gsm.

Bahan Cotton Combed 30s
Bahan Cotton Combed 30s adalah bahan kaos yang paling banyak diminati oleh orang banyak terutama para pengrajin kaos atau produsen kaos untuk memulai bisnis mereka di bidang fashion, karena banyak yang memakai kaos dengan bahan Cotton Combed 30s sebagai bahan dasar kaos premium atau distro. Ketebalannya adalah 30s dan bahan ini adalah bahan Cotton Combed yang paling tipis dibandingkan bahan Cotton Combed lainnya. Gramasi nya adalah 140-150gsm dan merupakan single knit.

Penjelasan tentang Cotton Carded
Cotton Carded pun sama seperti Cotton Combed namun yang membedakan adalah proses pengubahan kain menjadi benang. Nama Carded berasal dari nama mesin pemintalan yang digunakan untuk bahan kainnya yaitu mesin carding. Cotton Carded umumnya memiliki serat benang yang sedikit lebih kasar dibandingkan Cotton Combed. Sehingga bentuk rajutan yang dihasilkan tidak halus dan tidak rata berbeda dengan Cotton Combed yang menghasilkan bentuk rajutan lebih halus dan lebih rata. Karena proses penyelesaian dari kain cotton carded tidak melalui proses penyisiran sehingga serat halus yang menyusun pada bahan kain umumnya masih tersisa pada produk kain yang dihasilkan.

Perbedaan Bahan Cotton Combed dan Bahan Carded

Setelah Anda mengetahui penjelasan dari masing-masing kain, inilah perbedaan Cotton Combed dengan Cotton Carded versi Upshirty

Perbedaan Kualitas Bahan Cotton Combed dan Cotton Carded

Kualitas Bahan Cotton Combed
Bahan Cotton Combed mempunyai kualitas yang lebih baik daripada bahan carded sebenarnya, kenapa begitu? Karena proses pembuatan kain yang menjadikan bahan Combed lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan Cotton Carded sehingga harga dari Cotton Combed lebih mahal dibandingkan Cotton Carded, karena seperti yang tadi sudah dijelaskan untuk mendapatkan kain Combed serat cotton melalui beberapa proses salah satunya di sisir atau (combed) pada mesin combing dan melalui proses tersebut kain yang dihasilkan menjadi lebih lembut, halus, tidak ada biji kapas dan pastinya lebih nyaman saat digunakan.

Kualitas Bahan Carded
Kain dengan kualitas menengah dengan harga yang lebih terjangkau yang juga menggunakan bahan 100% serat cotton. Namun perlu diakui kualitas dari bahan carded tidak lebih bagus dibandingkan dengan bahan cotton combed dan harganya pun lebih terjangkau dibandingkan Cotton Combed, kenapa? Karena proses pembuatan kain carded hanya sampai di tahap carding (penggarukan) pada mesin carding. Karena proses penyelesaian dari kain cotton carded tidak melalui proses penyisiran sehingga serat halus yang menyusun pada bahan kain umumnya masih tersisa pada produk kain yang dihasilkan. Namun walaupun kualitasnya berada satu tingkat dibawah Cotton Combed, Cotton Carded ini juga termasuk kain yang nyaman digunakan dan banyak peminatnya bagi para produsen kaos ataupun pengrajin kaos yang menggunakan bahan Cotton Carded ini sebagai bisnis online shop mereka.

Kerataan Benang bahan Cotton Combed dan Cotton Carded

Kerataan benang yang dimiliki bahan Cotton Combed lebih baik dibandingkan dengan bahan Cotton Carded. Kenapa? Karena pada saat sebelum pemintalan benang Cotton Combed harus melewati proses combed (penyisiran) terlebih dahulu sehingga kerataan benang lebih rapi. Sedangkan Cotton Carded hanya sampai diproses carding (penggarukan) dan tidak melewati proses combed (penyisiran) sehingga benang yang dihasilkan tidak rata seperti Cotton Combed. Kerataan benangnya akan lebih jelas terlihat saat berada dibawah sinar matahari.

Perbedaan Tekstur bahan Cotton Combed dan Cotton Carded

Tekstur Bahan Cotton Combed
Tekstur bahan Combed lebih lembut dan halus yang memberikan efek adem, menyerap keringat dan nyaman saat digunakan. Sehingga banyak sekali produsen kaos dan pengrajin kaos yang memilih Cotton Combed untuk membuat kaos sablon, polo shirt, cardigan dan vest.

Tektstur Bahan Cotton Carded
Tekstur bahan Carded ini sedikit kaku dan anyaman benangnya tidak serapat kain Cotton Combed akan tetapi Cotton Carded ini tetap dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk membuat pakaian karena sifatnya sama dengan Cotton Combed. Secara keseluruhan Cotton Carded ini termasuk dalam jenis kain yang nyaman, adem, dan menyerap keringat karena berasal dari 100% katun sama seperti Cotton Combed.

Perbedaan Penyerapan Keringat Cotton Combed dan Cotton Carded

Bahan Cotton Combed dan bahan Carded sama-sama berbahan dasar 100% katun, maka kedua bahan ini mempunyai kualitas penyerapan keringat yang baik. Jadi jika Anda mempunyai rencana untuk membuat kaos dengan menggunakan kedua bahan ini dengan tujuan untuk membuat kaos sablon misalnya, akan sangat tepat terutama jika Anda menggunakan bahan kaos Combed ya, karena akan lebih nyaman dan juga penyerapan keringatnya juga baik. Akan tetapi jika Anda mencari bahan yang 100% katun yang lebih murah dan bisa menyerap keringat dengan baik Anda bisa menggunakan bahan Carded sebagai bahan dasar kaos Anda.

Perbedaan Harga Bahan Cotton Combed dan Cotton Carded


Harga Bahan Cotton Combed
Seperti yang sudah kami dijelaskan sebelumnya kalau harga bahan Cotton Combed memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan Cotton Carded. Karena proses pembuatan bahan Cotton Combed yang berbeda dengan Cotton Carded yang membuat harga Cotton Combed lebih mahal dan kualitasnya pun berada satu tingkat diatas Cotton Carded.

Harga Bahan Cotton Carded
Harga bahan Cotton Carded relatif lebih murah dibandingkan Cotton Combed karena teksturnya yang kaku dan anyaman benangnya tidak serapat Cotton Combed, maka dari itu harga dari Cotton Carded terbilang lebih murah dibandingkan Cotton Combed, akan tetapi untuk Anda yang ingin membuat kaos dengan bahan 100% katun dan penyerapan keringat dengan baik dan harganya pun terjangkau Anda bisa menggunakan bahan Cotton Carded ini sebagai kaos Anda.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat kaos dengan kualitas tinggi, kami sarankan untuk menggunakan bahan Cotton Combed walaupun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan Cotton Carded. Namun, kualitas dari Cotton Combed lebih bagus dibandingkan Cotton Carded karena benang yang dihasilkan Cotton Combed lebih rapi dan anyaman benangnya lebih rapat dibandingkan Cotton Carded. Tapi jika Anda menginginkan kaos dengan kualitas baik dan harga yang lebih terjangkau, kain Carded pun dapat dijadikan pilihan karena bahannya sama yaitu 100% katun dan menyerap keringat dengan baik.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Perbedaan Cotton Combed dan Carded"

Berlangganan via Email