Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Makanan untuk Mencegah Virus Corona

Di tengah wabah covid-19 di haruskan untuk tetap diam di rumah saja dan menghindari kontak fisik dengan orang lain agar terhindar dari virus corona, tapi tidak hanya itu saja hal yang harus di lakukan untuk menghindari atau mencegah virus corona (covid-19). Akan tetapi perlu juga untuk memperhatikan makanan yang akan di konsumsi, karena seperti yang sudah di sebutkan pada artikel sebelumnya dan bagi kalian yang belum sempat untuk membaca artikel sebelumnya, kalian bisa baca disini.



Setelah pemerintah menerapkan status darurat kesehatan masyarakat pada 31 Maret 2020, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi opsi untuk memutus penyebaran virus corona yang terjadi di Indonesia. Membuat sebagian warga kesulitan untuk berbelanja bahan pangan karena social distancing yang mengharuskan untuk selalu berdiam diri di rumah.

Oleh karena itu, di tengah wabah covid-19 ini kalian yang ingin bepergian harus menggunakan masker dan sarung tangan untuk menghindari covid-19 ini pada saat kalian berada di tempat keramaian dan jangan lupa untuk selalu membersihkan diri atau mencuci tangan ketika sampai di rumah.

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang harus kalian konsumsi untuk mencegah virus corona atau covid-19.

Bayam atau Kubis

Bayam atau kubis adalah salah satu sayuran yang kaya akan omega 3. Mengonsumsi sayuran setiap hari sangatlah bagus untuk tubuh, tidak hanya menyehatkan melainkan nutrisi dan kandungan serat pada sayuran sangat menguntungkan bagi pencernaan. Karena untuk mencegah paparan dari virus corona daya tahan tubuh harus tetap terjaga, oleh karena itu di anjurkan untuk mengonsumsi sayuran. Karena sayuran juga mengandung omega 3 yang biasanya terkandung pada ikan.

Ikan

Ikan seperti tuna, mackerel, herring, sarden dan salmon merupakan sumber lemak baik karena mengandung omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan. Lemak sehat pada ikan pun dapat menjaga fungsi otak, ini merupakan manfaat yang baik bagi Anda yang usianya tidak muda lagi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak membuat kalian cenderung lebih sehat dengan risiko depresi, demensia dan penyakit jantung yang lebih rendah. American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk mengonsumsi kurang lebih dua porsi ikan berlemak dalam kurun waktu seminggu dengan masing-masing porsi sebanyak 80 gram dengan cara memasaknya di panggang atau di rebus.

Alpukat

Tidak hanya makanan pembuka saja yang mengandung lemak tetapi buah alpukat juga mengandung lemak yang di sebut dengan oleic acid. Kandungan lemak dari buah alpukat ini dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis dan juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya itu alpukat juga kaya akan serat dan kalium, oleh karena itu alpukat dapat menurunkan kadar lemak jahat yang ada dalam tubuh dan meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh. Tidak sampai situ saja kelebihan dari buah alpukat, tapi ketika Anda mengonsumsi makanan lain bersama alpukat ini, buah alpukat bisa membantu penyerapan nutrisi dari makanan lain yang di konsumsi bersama buah alpukat ini.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga baik untuk tubuh kita agar tetap dalam kondisi fit atau sehat, kacang-kacangan pun mengandung omega 3 sama seperti ikan dan sayur bayam atau kubis tadi. Kacang-kacangan juga dapat membantu mengatur mood, antara lain kacang kedelai dan kacang kenari yang mengandung lemak baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kacang-kacangan juga kaya akan magnesium dan vitamin E. Menurut para peneliti, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan cenderung lebih sehat dan terhindar dari obesitas, diabetes dan penyakit jantung. Akan tetapi walau kacang-kacangan baik bagi tubuh tidak di sarankan untuk mengonsumsi kacang secara berlebihan, porsi yang di anjurkan sekitar 30 gram.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun mengandung lemak yang menyehatkan serta dapat membantu memperbaiki keseimbangan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu minyak zaitun juga mengandung vitamin K, vitamin E dan antioksidan. Dengan antioksidan yang tinggi dapat membantu menekan inflamasi. Maka dari itu di anjurkan untuk menggunakan minyak zaitun saat memasak, akan tetapi tidak di sarankan untuk menggunakan minyak zaitun secara berlebihan. Cara untuk menhindari pemakaian minyak zaitun secara berlebihan adalah dengan cara mengurangi setengah dari jumlah minyak yang tertulis pada resep.

Biji-Bijian

Biji-bijian yang mengandung lemak antara lain biji labu, wijen dan biji bunga matahari, fungsi lemak pada biji-bijian salah satunya adalah dapat mengurangi kadar kolesterol. Lemak yang berasal dari tumbuhan biasanya lebih baik di bandingkan dengan lemak yang berasal dari hewan, karena lemak jahat biasanya berasal dari daging, produk susu dan beberapa jenis makanan kemasan lainnya. Maka dari itu di anjurkan untuk selalu memperhatikan label makanan untuk memastikan berapa banyak lemak yang terkandung pada makanan yang akan di beli dan di sarankan untuk membatasi konsumsi lemak jenuh dan hindari untuk mengonsumsi lemak trans.

Demi mencegah paparan dari virus corona daya tahan tubuh harus tetap terjaga dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan lemak baik, hindari konsumsi lemak berlebih. Memperhatikan komposisi lemak pada makanan kemasan dan mengikuti arahan pemerintah untuk selalu menggunakan masker saat bepergian, berdiam diri di rumah jika tidak ada keperluan dan rajin mencuci tangan atau membersihkan tubuh.

Posting Komentar untuk "Berbagai Jenis Makanan untuk Mencegah Virus Corona"

Berlangganan via Email