Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog

Banyak cara untuk meningkatkan traffic (lalu lintas pengunjung) blog. Salah satunya, yaitu  menerapkan SEO (Search Engine Optimization) serta membidik kata kunci tertentu sesuai dengan niche sebuah blog.

Cara Meningkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog

SEO menjadi senjata para blogger dalam mengelola dan mengembangkan blognya. Uniknya, dengan menerapkan SEO, mesin pencari google akan merekomendasikan artikel-artikel bagus dari sebuah blog dan blog Anda  bisa nangkring alias nongol di halaman satu google.

Tak heran jika para pendahulu blogger saat ini tak lagi disibukkan dengan hal menulis setiap harinya. Secara blog mereka telah populer di mesin pencari dan tak jarang pula artikel para master blogger sering muncul di halaman pertama google dengan kata kunci tertentu. Hal inilah yang seharusnya juga dipelajari oleh blogger pemula, macam saya ini.

Namun, akan sulit rasanya bisa menembus halaman pertama google, apa lagi jika blog masih seumur jagung. Ya, meskipun ada terlintas di benak kita (saya dan pembaca) bermain di kata kunci yang persaingannya sedikit. Tetap saja harus riset kata kunci, bukan?

Saya pribadi termasuk orang yang agak malas melakukan riset kata kunci. Cara berpikir saya mungkin berbeda dengan yang lainnya. Maksudnya, hasrat menulis saya adalah menulis apa yang saya alami, menulis apa yang saya bisa, dan menulis apa yang saya ketahui sesuai dengan pengalaman yang saya dapat saat berselancar di internet.

Berpikir untuk menembus halaman pertama google telah saya buang jauh-jauh. Toh, blog bagi saya untuk berbagi pengalaman, syukur-syukur bisa mendongkrak penghasilan dari Google Adsense, MGID atau jaringan periklanan sejenisnya.

Oleh sebab itu, saya juga mencoba menerapkan hal-hal yang dapat membantu untuk mengembangkan blog sederhana ini ke depannya, yaitu dengan cara berkolaborasi. Setidaknya dengan melakukan kolaborasi, blog jadi terdongkrak, baik dari segi popularitas atau penghasilan (jika blog ada iklan).

Mungkin pembaca jadi bertanya-tanya, kolaborasi macam apa yang bisa mendongkrak blog seumur jagung begini? Singkatnya, blog seumur jagung tadi jika mendapatkan backlink (link kembali) berkualitas, akan mudah populer dan DA (Domain Autorithy) meningkat bertahap seiring berjalannya waktu.

Saya telah membuktikan sendiri. Karena itu pula, saya menulis artikel ini. Saya kira itu hal yang mustahil, ternyata tidak. Jika kamu berminat untuk mencoba trik meningkatkan traffic dan penghasilan adsense MGID, kamu boleh terapkan trik ini. Jika tidak, kembalilah pada konsep awal, yaitu menjalankan blog dengan konsep SEO dan membidik kata kunci untuk mendapatkan pengunjung organik.

Kalau saya, akan terus mencoba berpikir kreatif dan berusaha mengirimkan artikel yang berpotensi viral ke V-Log (Viva Blog). Mungkin terdengar sepele. Dan mungkin juga semua orang sudah tahu trik satu ini. Tapi, jika kamu jauh lebih keras berusaha membuat artikel semenarik mungkin, tidak menutup kemungkinan artikel kamu akan ditarik oleh Viva setiap harinya, dan kamu akan kebanjiran traffic.

Bagi saya pengaruh V-Log sangat besar, terutama dari segi penghasilan MGID. Jika kamu (pembaca) butuh bukti lebih, kamu bisa berkunjung ke blog Ikut Rame atau Nuisonk. Artikel-artikel mereka sering ditarik oleh viva. Soal pendapatan mereka, silakan tanya sendiri pada yang bersangkutan. Namun, saya bisa beri bukti penghasilan MGID saya dalam sehari itu ketika artikel saya ditarik oleh viva saat bertengger di urutan pertama kategori populer versi V-Log.

Jujur, saya kaget bukan kepalang mendapati blog gado-gado ini kebanjiran traffic dari Viva. Artikel saya yang berjudul 4 Zodiak Ini Akan Mendapatkan Rezeki Melimpah Tahun Depan mendadak padat pengunjung. Saya girang bukan main. Ya, meski di satu sisi artikel yang ditarik oleh viva sifatnya juga untung-untungan. Karena banyak juga blogger yang mengirimkan artikelnya ke V-Log dan menjadi saingan kita, tentunya.

Namun, persaingan itulah yang membuat kita semakin termotivasi untuk membuat artikel semenarik mungkin agar ditarik oleh viva. Menurut saya, persaingan di V-Log termasuk persaingan yang cukup sehat. Viva tak membeda-bedakan blog kamu menggunakan subdomain blogspot atau pun top level domain (TLD). Yang penting bagi Viva artikel kamu “layak” berada di situs mereka alias artikel blog kamu layak mendapatkan backlink.

Backlink berkualitas dari viva inilah yang mampu meningkatkan traffic dan penghasilan blogmu. Keunggulan backlink viva adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Kamu hanya perlu berpikir kreatif dalam menyajikan konten tulisan. Pasalnya, V-Log menyediakan berbagai kategori (niche) seperti Gadget, Teknologi, Sastra, Kuliner, Sosial, Budaya, Misteri, Tips Blog, dan lain sebagainya.

Satu hal lagi, jika artikel kamu berhasil menembus V-Log dan bertengger di artikel populer Viva, jangan kaget dan marah jika ada media lain yang akan memberi backlink ke blogmu secara cuma-cuma. Media lain yang menarik blog kamu tersebut, juga menerapkan sistem yang sama dengan V-Log (Mengambil tiga paragraf utama dan memberi backlink BACA SELENGKAPNYA yang menuju ke blogmu)

Dengan begitu, kamu bisa mendapkan dua backlink gratis ketika artikelmu berada di daftar populer V-Log. Dari kolaborasi inilah kamu akan mendapatkan keuntungan jika mencoba mengirimkan artikelmu ke V-Log. Jika artikelmu belum juga dimuat atau ditarik oleh viva dalam tiga hari (terhitung sejak awal pengiriman artikel), jangan putus asa. Teruslah mencoba mengirimkan artikel-artikel fresh, unik, dan artikel yang berpotensi viral.

Baca Juga: Kawula: Blog Sharing and Lifestyle 

Lalu bagaimana caranya agar bisa mengirim tulisan kita ke V-Log itu?


Terlebih dahulu kita harus melakukan registrasi di viva.co.id alias membuat akun di situs tersebut. Pendaftaran di viva boleh dilakukan via email atau melalui akun facebook. Setelah kamu berhasil mendaftar via email, pihak viva akan mengirimkan aktivasi melalui email yang kamu daftarkan barusan.

Selanjutnya, harus memasang i-Frame Viva Log di blog atau website kamu. Biasanya, para blogger memasangnya di area sidebar. Nah, jika sudah terpasang, kamu tetap harus mengirimkan artikel ke viva. Viva sendiri tak membatasi berapa jumlah artikel yang akan kamu kirimkan setiap harinya. Yang jelas, viva tetap akan menyeleksi setiap artikel yang masuk. Dan hanya artikel terbaiklah yang akan ditarik oleh viva.

Selain itu kamu juga harus memerhatikan artikel yang kamu kirim. Jangan sampai melanggar ketentuan Viva.co.id seperti unsur SARA, mengacu pada tindak kekerasan, dan segala unsur negatif  lainnya.


3 komentar untuk "Cara Meningkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog"

  1. Mantap. Ditunggu kunjungannya www.aubinesia.com

    BalasHapus
  2. Nice dikasih pencerahannya

    Kunjungi juga www.maspoin.com

    BalasHapus

Berlangganan via Email